3.9 BAGAN DAN KONSEP KERJA SERVER SOFTSWITCH BERKAITAN DENGAN PBX

 B. BAGAN DAN KONSEP KERJA SERVER SOFTSWITCH BER- KAITAN DENGAN PBX

Istilah PBX sudah digunakan untuk menggambarkan layanan telepon, seperti pergantian telepon sistem in-house, baik untuk cakupan privat area, penyebaran yang lebih luas, ataupun pertukaran jaringan telepon lainnya. Istilah PBX pertama kali diterapkan ketika pergantian jaringan ke operator dalam perusahaan. Sejak tahun 1990-an, terdapat perkembangan signifikan yang menyebabkan munculnya komunikasi jenis baru yang dikenal dengan sistem PBX. Dari PBX tersebut berkembang kembali sehingga melahirkan jalur komunikasi VoIP PBX. Secara otomatis terjadi pergantian sistem elektromekanis dan beralih ke elektronik menggantikan sistem manual, PABX (Private Automatic Branch Exchange) dan PMBX (Private Manual Branch Exchange) yang digunakan untuk membedakan keduanya dengan sistem PBX. PABX berfungsi sebagai switchboard untuk sistem telepon yang biasa digunakan sebagai alat komunikasi internal office. PABX memiliki beberapa jenis atau tipe di antaranya PABX Digital, PABX Analog, PABX Hybird dan IP PABX.


1. Pengertian PBX


Salah satu perkembangan komunikasi yang signifikan dapat dilihat dari besarnya pertumbuhan jaringan data dan meningkatnya pemahaman publik mengenai packet switching. Pada intinya, perusahaan tidak hanya membutuhkan packet switched pada jaringan untuk data saja, tetapi membutuhkan ketersediaan internet sebagai sistem pengiriman global pada satu sistem telepon. PBX menghubungkan antara telepon dalam perusahaan dengan jaringan internal dan menghubungkan juga telepon dalam perusahaan dengan jaringan telepon publik (PSTN-Public Switched Telephone Network) melalui trunk, yaitu penghubung jalur komunikasi antara pengirim dengan penerima melalui Central Office. Jaringan ini menggabungkan telepon dengan faksimile, modem, dan hal lain yang menjadi perpanjangan dari kemampuan sistem PBX melalui trunk.


Telepon dengan sistem PBX bukan hanya berfungsi untuk kegiatan telepon, namun juga dapat mengirim fax atau modem akses internet. PBX (Private Branch Exchange) sebagai perangkat keras elektronik telekomunikasi yang berfungsi sebagai pembagi/pengatur antara bagian internal (extention to extention) dengan external (out going and incoming). Secara umum. PBX berperan sebagai penyedia layanan telepon yang melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke anak perusahaan lainnya di area


yang lebih luas (publik). Sementara itu, PABX (Private Automatic Branch Exchange) identik dengan alat penyambung (switch) untuk mengatur komunikasi telepon masuk dan telepon keluar secara efisien dan efektif di kantor, ruko, rukan, rumah bertingkat, asrama, kost, dan bangunan lainnya.


Sistem PBX memiliki kode telepon untuk menghubungkan satu saluran dengan saluran luar (DDCO-Direct Dial Central Office) dan diikuti dengan nomor eksternal. Sistem PBX dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon secara internal dan eksternal dengan menggunakan kode telepon yang telah terdaftar di Central Office maupun di DDCO. Keuntungan utama dengan sistem PBX adalah penghematan biaya pada panggilan telepon internal dan menghindari 'tabrakan' (collision) jaringan telepon internal dalam suatu perusahaan. Namun, hal yang perlu dipahami adalah layanan awal yang disediakan PBX sistem belum mencakup hunt groups, call forwading, dan extension dialing. PBX disimulasikan dan kemudian dikenal dengan sistem Centrex pada tahun 1960, di mana Centrex melayani fitur-fitur serupa PBX yang berasal dari pusat jaringan telepon. PBX dapat dibedakan dari adanya sistem kunci yang dilakukan secara manual ketika seseorang menekan nomor tujuan.


Secara otomatis PBX akan menuju jalur sesuai dengan nomor tujuan. Sistem ini disebut dengan Hybrid systems sebagai sebuah sistem kunci yang dibuat dengan memilih jalur keluar khusus dengan menekan nomor

eksternal. Secara umum, terdapat perbedaan mendasar antara PBX, PARX, dan IP PBX. IP PBX menggabungkan cara telepon konvensional dengan VoIP, di mana kabel telepon dan intranet menjadi satu. Meskipun menelepon menggunakan internet atau cara konvensional tetap dapat saling terhubung. Banyak perusahaan memilih ini karena menghemat biaya dan multifungsi. Pada PBX sering diganti namanya menjadi PMBX (Private Manual Branch Exchange) karena membutuhkan kinerja manusia guna menukar setiap kabel telepon dari penelepon menuju penerima di sebuah papan komputer. PABX menggantikan kinerja manusia dengan peranti server komputer yang mengatur arah datang dan menujunya telepon secara otomatis. Tetapi, terkadang seseorang dibutuhkan sebagai pengawas alat PABX sebagai pembantu bagi yang tidak mengerti cara kerja menelpon menggunakan PABX.


2. Proses kerja PBX server Softswitch


Fungsi IP PBX mirip dengan cara kerja proxy server. Sebuah software contohnya softphone mendaftar ke IP PBX dan ketika mengalami panggilan secara otomatis semua sistem itu akan terhubung pada IP PBX dan IP PBX memiliki daftar semua telepon seluler (ponsel) sesuai SIP. Mereka berhubungan dengan rute jaringan internal dan menggunakan Gateway VoIP. Faktor lainnya yang turut melahirkan sistem PBX adalah ide fokus pada kompetensi inti, sebab layanan PBX cenderung mengalami kesulitan jika diterapkan untuk mengatur perusahaan kecil karena tidak memiliki kompetensi inti dalam penanganan telepon di dalam perusahaan. Pertimbangan ini memunculkan konsep host PBX. Dalam host tersebut keberadaan PBX akan dikelola oleh pusat penyedia layanan telepon beserta berbagai fitur dan panggilan telepon yang dikirim melalui internet. Pelanggan hanya perlu mendaftarkan diri untuk menggunakan layanan tersebut dibandingkan harus membeli dan memelihara perangkat keras PBX yang begitu mahal. Dengan kata lain, sistem layanan telepon dipindah dari privat menjadi Central Office. Sebuah sistem IP PBX (PBX server Softswitch) terdiri atas satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional VoIP gateway untuk terhubung ke jalur server, klien SIP dalam bentuk software (softphone) atau perangkat keras berbasis telepon seluler (ponsel).



Komentar